Archive Pages Design$type=blogging

Data Warehouse atau ERP ? Anda Pilih Yang Mana?

sistem ERP dan Data Warehouse merupakan dua jenis makhluk yang terpisah dari sistem dan adanya fungsi pelaporan

Memilih Yang Mana Data Warehouse atau ERPBI Analyst. Terkadang saya atau anda sering bertanya apakah sama antara data warehouse dengan ERP? Maka jawaban sederhana untuk pertanyaan Anda itu adalah tidak, sistem ERP dan Data Warehouse merupakan dua jenis makhluk yang terpisah dari sistem dan adanya fungsi pelaporan tidak membuat sistem Data Warehouse menjadi sama dengan ERP.

Apabila menginginkan jawaban panjangnya adalah dalam menggambarkan apakah sistem ERP itu versus apa yang dimaksud dengan Data Warehouse. Saya tidak berurusan dengan sistem ERP. Saya seorang yang hingga saat ini masih berurusan dengan Data Warehouse, sehingga untuk sisi ERP ini, saya harus mengandalkan Gartner.

Data Warehouse atau ERP

Data Warehouse atau ERP?

Gartner mendefinisikan sistem ERP sebagai berikut :

Enterprise Resource Planning (ERP) | Gartner

Enterprise resource planning (ERP) is defined as the ability to deliver an integrated suite of business applications. ERP tools share a common process and data model, covering broad and deep operational end-to-end processes, such as those found in finance, HR, distribution, manufacturing, service and the supply chain.


(Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) didefinisikan sebagai kemampuan untuk memberikan suite aplikasi yang terintegrasi dengan bisnis. Alat ERP berbagi proses yang umum dan model data, meliputi end-to-end proses operasional yang luas dan mendalam, seperti yang ditemukan di bidang keuangan, HR, distribusi, manufaktur, layanan dan rantai pasokan.)

Kita ambil contohnya PeopleSoft misalnya. Ini adalah aplikasi tunggal yang memiliki modul dan fungsi untuk mengotomatisasi beberapa fungsi bisnis, HR, Keuangan, dll

Sebuah data warehouse pada penawaran sisi lain hanya merupakan data. Satu-satunya tujuan dari data warehouse adalah untuk membawa data dari sumber yang berbeda, membersihkan dan menyimpannya pada platform umum tunggal untuk digunakan dalam analisis data perusahaan yang luas, melaporkan, atau mengintegrasikan data ke sistem lain. Sebuah data warehouse bukanlah sistem transaksional seperti halnya sistem ERP.

Ada perbedaan utama antara dua sistem yang saya pikir penting untuk dikemukakan adalah sekitar penyesuaian dengan common process. Sebuah sistem ERP hidup dalam common process. Sistem ini dirancang untuk mengurangi biaya dan usaha dengan mengadopsi proses yang umum / general.
Sementara itu adalah praktek terbaik dalam Data Warehouse untuk melakukan hal-hal dengan cara yang sama dan umum - tergantung pada sumber sistem Anda dan apa yang ingin Anda lakukan dengan data, berbagai sumber data mungkin datang dengan cara yang sangat berbeda. Data persediaan mungkin datang secara realtime ataupun near realtime dari antrian pesan, sedangkan penjualan datang dalam bentuk batch pada malam hari yang melewati proses cleansing. Output data dari sebuah warehouse dapat mengikuti beberapa proses - mungkin akan dikeluarkan sebagai file ekstrak, laporan, atau integrasi ke aplikasi seperti SAS, atau bahkan sistem transaksional.

Pendapat pribadi saya adalah bahwa kekuatan dan nilai warehouse berasal dari fleksibilitasnya memberikan kepada Anda untuk keperluan data-data Anda. Jangan salah, saya akan selalu menganjurkan untuk mengikuti ETL umum atau ELT metodologi dan tool set, namun proses dapat di-tweak dan berhasil melakukan jauh lebih banyak dengan data dari apa yang mungkin mampu dilakukan oleh ERP atau sistem transaksional.

Aspek lain dari pertanyaan Anda, saya ingin menunjukkan bahwa kedua sistem tersebut juga menghasilkan laporan. Hanya karena sebuah sistem menghasilkan laporan tidak serta merta membuatnya menjadi data warehouse. Banyak sistem menghasilkan laporan. Anda bisa memiliki data yang berada di meja di mainframe yang mana Anda menulis laporan. Sebuah data warehouse tidak terlalu terkait dengan pelaporan dan lebih berkaitan dengan bagaimana data dibawa, dibersihkan dan disimpan.

Maka yang bisa kita simpulkan adalah :

1 Data Warehouse adalah untuk memecahkan Masalah Analytical (Rangkuman Analysis dan Drilldowns) dimana pembuatan laporan ERP akan cukup untuk Masalah Operasional ("Live Reporting" yang mereka katakan).

2 Kebutuhan Data Warehouse adalah untuk memasak data yang dibawa dari beberapa Sistem dari organisasi dan menjembatani Data untuk membuatnya menjadi bermakna. Sementara itu ERP adalah sistem transaksional.

3 Data Warehouse memiliki retensi lebih lama dari data sehingga seseorang dapat membandingkan hasil Q1 dari 10 tahun terakhir menggunakan Data Warehouse yang umumnya tidak disimpan dalam sistem ERP.

COMMENTS

Name

Business Intelligence News Open Source Pentaho Pentaho Tutorial Tips Tutorial Data Modelling
false
ltr
item
BI Analyst: Data Warehouse atau ERP ? Anda Pilih Yang Mana?
Data Warehouse atau ERP ? Anda Pilih Yang Mana?
sistem ERP dan Data Warehouse merupakan dua jenis makhluk yang terpisah dari sistem dan adanya fungsi pelaporan
http://1.bp.blogspot.com/-a0_n0xKkqNQ/Vl1LCdPrW1I/AAAAAAAAARE/_XXh4GxKA28/s320/dwh_vs_erp_opt.png
http://1.bp.blogspot.com/-a0_n0xKkqNQ/Vl1LCdPrW1I/AAAAAAAAARE/_XXh4GxKA28/s72-c/dwh_vs_erp_opt.png
BI Analyst
https://www.bianalyst.net/2015/11/Pilih-Mana-Data-Warehouse-atau-ERP.html
https://www.bianalyst.net/
https://www.bianalyst.net/
https://www.bianalyst.net/2015/11/Pilih-Mana-Data-Warehouse-atau-ERP.html
true
7234068455816240237
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago